Kamis, 08 Januari 2015

Pendidikan Agama Sebagai Mata Pelajaran Wajib Di Sekolah


Penetapan pendidikan agama sebagai mata pelajaran wajib di sekolah merupakan kebijakan yang sangat penting dalam pembangunan nasional indonesia. Mengingat bahwa bangsa indonesia yang berasaskan pancasila dan menjadikan agama sebagai unsur penting dalam pembangunan nasionalnya. Sejak awal kemerdekaan sampai era reformasi seperti sekarang ini pemerintah  menempatkan pendidikan agama sebagai mata pelajaran inti di sekolah-sekolah, baik sekolah negri ataupun swasta.

Pendidikan Agama Sebagai Mata Pelajaran Wajib Di Sekolah
Ilmu Agama Islam
Pendidikan agama merupakan salah satu mata pelajaran yang diharapkan dapat memeberikan kontribusi yang signifikan bagi pencapaian tujuan pendidikan nasional. Yang menjadi salah satu tujuan utama pendidikan nasional seperti tercantum dalam UUSPN adalah pembentukan manusia yang bertaqwa dan berbudi pekerti yang luhur.

Kedua tujuan ini merupakan ciri dan watak yang mendasar dari kepribadian bangsa Indonesia. Kepribadian yang kuat merupakan modal utama bagi setiap anak didik dalam membangun masa depannya serta mampu menghadapi arus besar globalisasi Bimbingan Belajar.

Upaya internalisasi nilai-nilai agama di dalam kehidupan sehari-hari anak didik semakin terasa sangat penting akhir-akhir ini. Berbagai hasil penelitian di sekolah-sekolah dan berbagai fenomena nyata yang banyak kita saksikan sekarang ini menuntut semua stakeholder pendidikan, yaitu guru, orang tua, dan masyarakat untuk lebih keras lagi dalam membina anak-anak penerus bangsa ini.

Tugas dan tanggung jawab atas pendidikan agama di sekolah tidak hanya pada guru agama saja, akan tetapi merupakan tanggung jawab sekolah secara keseluruhan. Lingkungan sekolah harus mendukung dan menjadi laboratorium bagi pengajaran pendidikan agama. Dengan demikian, lingkungan dan proses kehidupan semacam ini bagi para siswa benar-bemar bisa memberikan pendidikan dan pelatihan tentang "bagaimana caranya belajar agama" Les private

Pendidikan agama adalah pendidikan yang memberikan pengetahuan dan membentuk sikap, kepribadian dan keterampilam peserta didik dalam mengamalkan ajaran agamanya, yang dilaksanakan sekurang-kurangnya melalui mata pelajaran atau kuliah pada semua jalur, jenjang dan jenis pendidikan Les Privat.

Secara umum tujuan pendidikan agama islam adalah untuk membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia. Kemudian dalam konferensi dunia islam pertama tentang pendidikan islam (1977) berkesimpulan bahwa tujuan umum pendidikan islam adalah " Manusia yang menyerahkan diri kepada Allah secara mutlak (Asyraf, 1989:2). Secara rinci Al-Abrasyi (1977:17) menjelaskan tujuan akhir pendidikan islam adalah :

1. Pembinaan akhlak
2. Menyiapkan anak didik untuk hidup di dunia dan akhirat
3. Penguasaan ilmu
4. Keterampilan bekerja dalam masyarakat.

Berbagai kriteria ini di jadikan sebagai pedoman dalam penjabaran pendidikan Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar