Senin, 08 Desember 2014

Macam-macam Pukulan Dan Kuda-kuda Dalam Pencak silat


Macam-macam Pukulan Dan Kuda-kuda Dalam Pencak silat
Pencak Silat

Pukulan

Pukulan dalam pencak silat adalah Serangan yang dilakukan dengan menggunakan tangan kosong sebagai komponennya. Pada prinsipnya segala teknik pukulan yang terdapat dalam pencak silat boleh digunakan untuk menyerang bagian-bagian tubuh lawan yang disahkan untuk diserang dalam upaya memperoleh angka.

Macam-macam pukulan dalam pencak silat, diantaranya yaitu :
  • Pukulan Depan

Pukulan Depan adalah pukulan yang dilakukan dengan lintasan lurus ke depan. Untuk mencapai hasil yang optimal dapat dilakukan dengan dibantu oleh pergerakan bahu dan putaran pinggang yang mendukung untuk pemindahan berat badan kebagian depan tangan yang menyerang.
Pukulan dapat dilaksanakan dalam dua sikap tubuh yang berbeda, yaitu pukulan depan dengan posisi tangan yang digunakan untuk menyerang sejajar dengan posisi kaki yang berada di depan, dan pukulan depan dengan posisi tangan yang tidak sejajar dengan kaki depan.



  • Pukulan Tegak 

Pukulan tegak dalam Pencak Silat adalah pukulan yang sasarannya adalah bahu atau sendi bahu bagian kanan (lawan yang dengan kita yang saling berhadapan, jadi sama saja dengan bahu sebelah kiri yang menjadi sasaran.

  • Pukulan Sangkal/Bandul
 Pukulan sangkar/bandul adalah pukulan yang dilakukan dengan posisi tangan ditekuk 90 derajat. Lintasan tangan diayun dari bawah ke atas. Pukulan ini dapat dilaksanakan dengan posisi kaki yang bervariasi, baik dengan posisi kaki depan sejajar dengan tangan yang dipergunakan untuk menyerang atau tidak.

  • Pukulan Melingkar
Pukulan Melingkar adalah pukulan yang dilakukan dengan lintasan pukulan dari arah samping luar tubuh pesilat menuju ke arah dalam tubuh pesilat. Untuk hasil yang optimal dari pukulan lingkar ini, harus didukung dengan pergerakan bahu dan pinggang yang searah dengan arah pukulan. Karena hal ini dapat menambah bobot pukulan dengan adanya dorongan berat badan pesilat ke tangannya.

    • Pukulan Samping
    Pukulan samping adalah pukulan yang arahnya ke samping tubuh pesilat, dengan menggunakan punggung tangan. Lintasan pukulan dari samping tubuh ke arah luar tubuh pesilat.

    Kuda-kuda

    kuda-kuda adalah suatu posisi dimana kaki menapak untuk memperkuat posisi tubuh, agar tidak mudah dijatuhkan oleh lawan, disamping itu kuda-kuda juga sangat penting untuk menahan dorongan dari lawan dan menjadi dasar titik tolak serangan.

    Macam-macam kuda-kuda dalam pencak silat, antara ain :
    • kuda-kuda depan
    yakni, kuda-kuda dengan sikap salah satu kaki kanan misalkan berada pada posisi depan lalu ditekuk, kemudian kaki belakang lurus dengan telapak kaki menghadap samping lurus, pandangan kedepan dengan berat badan ditopang di depan.
    •  Kuda-kuda belakang
    Yakni, kuda-kuda dengan posisi salah satu kaki kiri misalkan ditarik kebelakang pada posisi ditekuk, kemudian kaki kanan yang berada didepan juga ikut ditekuk sedikit, pandangan tetap ke depan dengan tumpuan berat badan berada di belakang.
    • Kuda-kuda tengah
    Yakni, kuda-kuda dengan sikap posisi kedua kaki dibuka melebar lalu lutut ditekuk, kedua tangan didepan lalu pada saat kaki akan melebar maka, saat itu tangan juga ikut dimainkan, pandangan tetap kedepan dengan berat badan ditopangkan secara merata pada kedua kaki tersebut.
    • Kuda-kuda samping
    Yakni, kuda-kuda dengan sikap awalnya sama seperti sikap kuda-kuda tengah tapi, pada posisi ini badan agak dicondongkan ke samping, salah satu kaki ditekuk membentuk sudut siki-siku dan kaki belakang tekuk sedikit dengan telapak kaki menghadap samping lurus.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar