Kamis, 27 November 2014

Tips Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pelajaran Matematika

Belajar dalam menyelesaikan Soal Cerita harus mengetahui  cara–cara dan langkah–langkah yang harus dilakukan siswa. Hanya dengan membaca atau mendengarkan penjelasan guru tidak akan menolong dan memberi pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal cerita.

Untuk dapat menyelesaikan soal cerita, siswa harus menguasai hal-hal yang dipelajari sebelumnya, misalnya pemahaman tentang satuan ukuran luas, satuan ukuran panjang dan lebar, satuan berat, satuan isi, nilai tukar mata uang, satuan waktu, dan sebagainya. Di samping itu, siswa juga harus menguasai materi prasyarat, seperti rumus, teorema, dan aturan/ hukum yang berlaku dalam Matematika. Pemahaman terhadap hal-hal tersebut akan membantu siswa memahami maksud yang terkandung dalam soal-soal cerita tersebut.

Berikut ada beberapa tips yang harus di lakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pelajaran matematika :


      1.   Kalimat pernyataan

            Kalimat Pernyataan dalam soal cerita adalah semua yang dinyatakan atau                       diceritakan dalam soal tersebut. Dengan memahami kalimat pernyataan maka kita           dapat  menuangkannya dalam kalimat matematika.

      2.  Kalimat pertanyaan

     Kalimat Pertanyaan pada umumnya terletak diakhir soal dan merupakan hal yang      sangat penting untuk dipahami, karena kita tidak akan dapat menjawab soal tanpa            memahami pertanyaannya.

      3.  Kalimat matematika

           Kalimat Matematika adalah tulisan dalam bentuk bilangan dan  operasi hitung              hasil dari pemahaman kalimat pernyataan. Kalimat matematika merupakan intisari          kalimat pernyataan yang ditulis dalam bentuk bilangan dan operasinya.

    Contoh 1 :

Di toko  Pak Ridwan tersedia 12 karung beras. Setiap karung beratnya 50 kg. Jika hari ini dan kemarin masing-masing terjual 175 kg dan 120 kg, berapa kg sisa beras di toko Pak Ridwan sekarang ?

keterangan :

      1. Baca pernyataan (soal) secara berulang-ulang hingga paham.
      2. Hal yang ditanyakan adalah sisa beras setelah terjual selama 2 hari.
      3. Tuliskan kalimat matematikanya.
   
Jawab:
Dik : a. Di toko tersedia 12 karung beras masing-masing beratnya 50 kg
          b. Beras yang terjual dari hari ini dan kemarin masing-masing 175 kg dan 120 kg

Dit : Berapa kg sisa beras di toko pak Ridwan sekarang ?

penyelesaian :

( Jumlah karung beras X Berat setiap karung ) - ( Beras yang terjual hari ini + beras yang terjual kemarin )
= ( 12 karung X 50 kg ) - ( 175 kg + 120 kg )
= 600 kg - 295 kg
= 305 kg

jadi, Sisa beras di toko pak Ridwan adalah 305 kg





Tidak ada komentar:

Posting Komentar